Tuesday, April 2, 2019

Literasi Yang Terlupakan

 
(Sumber Gambar: Website Kemendikbud)

Belum lama ini kita sering mendengar istilah 'kegiatan literasi'. Praktisi pendidikan khususnya di negeri kita masih banyak yang membatasi arti istilah tersebut dengan kegiatan 'membaca' saja, tidak salah memang, akan tetapi yang paling urgen dari tujuan literasi ialah memahami apa yg sedang atau yang telah dibaca.

Jika sempat, kita juga boleh menilik dengan seksama pedoman kegiatan literasi yang telah disusun oleh pemerintah, di situ kita akan temukan kegiatan yang beragam mulai dari pojok baca kelas, memperkaya goresan tulisan motivasi ditiap sudut sekolah, apotek hidup sekolah, UKS yang mendukung hidup bersih, kantin sehat dan lain sebagainya. Intinya kegiatan literasi mencakup bagaimana siswa belajar atau memahami sesuatu dari apa yg dilihat, dialami dan dirasakan saat disekolah. Tidak cukup sebatas kegiatan 'membaca' buku, lalu setelah itu selesai?

Namun, ada yang terlupakan. Bahkan kegiatan literasi ini belum tercantum dalam pedoman yang telah pemerintah susun yaitu literasi yang mencakup kebutuhan rohani. Pentingkah itu? Ya, pasti. Rohani kita juga butuh bimbingan, butuh arahan sehingga tidak bimbang dan sakit.

Salah satu literasi yg mencakup kebutuhan rohani yaitu literasi Alqur'an. Sebagai Al Huda (petunjuk) maka boleh diusulkan bahwa kegiatan literasi Alqur'an harus lebih diutamakan dari pada kegiatan literasi lainnya. Apa dan seperti apa aplikasi literasi Alqur'an itu?

Jika mengambil makna literasi yang ada pada paragraf pertama tulisan ini, maka literasi Alqur'an secara sederhana yakni 'memahami Alqur'an', kalau mau lebih luas berarti memahami cara membaca dan menulis, tafsir serta kandungan ayat ayat yang ada dalam Alqur'an. Sulitkah? Tidak, setidaknya kita memulai dari yang paling sederhana yaitu paham cara membaca dan menulis Alqur'an sesuai ilmu syar'i yg melekat didalamnya.

Sebagai penutup tulisan ini, berikut hadits Rasulullah saw.
Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya (HR. Bukhari).
Selamat ber-literasi Alqur'an 'with our students'.

Muh.Hilal_19Muharom1440